Mempunyai tubuh kekar dan berotot merupakan idaman sebagian besar para lelaki .Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah ,Kemauan yang kuat,kerja keras dan asupan nutrisi cukup.Dalam membentuk Tubuh terutama di Gym anda harus kerja keras dan tentunya asupan protein sebagai zat pembangun harus baik dan benar sesuai kebutuhan tubuh kita.
Lantas bagaimana cara mengetahui kebutuhan protein pada tubuh kita??
Karena kalau kelebihan proteinpun sebenarnya tidak baik.

Kebutuhan ditentukan dengan cara menghitung jumlah nitrogen yang dikeluarkan melalui urine. Seorang laki-laki dengan berat badan 70 kg kira-kira kandungan nitrogennya sebanyak 3 gram atau setara dengan 3 x 6.25 gr = 18.75 gr protein. Hal tersebut menunjukan secara teoritik kebutuhan protein adalah 18.75 gr/hari, tetapi jumlah tersebut ternyata tidak mencukupi karena tidak semua bahan makanan dapat diambil proteinnya.
Secara umum kebutuhan protein adalah 0.8 sampai 1.0 gram/Kg BB/hari, tetapi bagi mereka yang bekerja berat kebutuhan protein bertambah.
Penelitian membuktikan bahwa kegiatan olahraga yang teratur meningkatkan kebutuhan protein. Atlet dari olahraga yang memerlukan kekuatan dan kecepatan perlu mengkonsumsi 1.2-1.7 gram protein/Kg BB/hari (kurang lebih 100-212% dari yang dianjurkan) dan atlet endurance memerlukan protein 1.2-1.4 gram/KgBB/hari (100-175% dari anjuran). Jumlah protein tersebut dapat diperoleh dari diet yang mengandung 12-15% protein. Perbandingan protein hewani : protein nabati sebaiknya 1:1.

Meskipun protein merupakan zat pembangun tubuh, bahkan menurut Guyton (1991:384) ¾ zat padat tubuh adalah protein, sebagai dasar pembentuk otot (actin, myosin,collagen dan keratin), seseorang yang ingin membentuk atau membesarkan ototnya seperti binaragawan tidaklah memerlukan konsusmsi protein yang berlebihan seperti yang ditawarkan oleh iklan-iklan sebab kelebihan protein justru merugikan. Pembentukan massa otot (hipertropi) dan kekuatannya ditentukan oleh latihan yang terprogram dengan baik dan ditunjang oleh makanan yang sehat berimbang.
Protein memang sangat diperlukan oleh tubuh kita, akan tetapi terlalu banyak mengonsumsi protein juga akan menimbulkan masalah.
Berikut Akibat-akibat yang muncul karena terlalu banyak mengonsumsi protein antara lain :
1.Kelebihan protein akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak sehingga akan menjadi semakin gemuk.
2.Memperberat kerja hati dan ginjal untuk membuang nitrogen pada metabolisme asam amino (deaminasi).
3.Prodüksi urine berlebihan dapat mengganggu penampilan
4.Mineral-mineral penting seperti potasium, kalium, magnesium akan terbuang bersama urine sehingga dapat menimbulkan dehidrasi.
5.Protein bukan energi yang siap pakai, proses metabolisme memerlukan waktu yang lama.
6.Protein merupakan sumber energi yang kurang efisien karena SDA (Specific Dynamic Action) atau energi yang dibutuhkan untuk proses metabolisme cukup besar yakni 30-40% padahal SDA karbohidrat hanya 6-7% dan SDA lemak 4-14%.

Jadi bagi teman-teman yang lagi punya program untuk gedein otot-otot tubuh,tolong diperhatikan asupan makanan dan proteinnya karena kalau salah maka bukannya sehat yang di dapat malah nanti anda sakit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *